Fake Email (Penerapan dalam Projek PUM Aplikasi Pemesanan Tiket Travel Online)

Oke Juliet Zulu 08 Hotel Delta Romeo kembali mengudara , udah lama gak posting blog  sekitar 1 tahunan, ini blog mulai berlumut dan sarang laba-laba hinggap dimana-mana. Ini pertama kalinya nih mimin share pengetahuan gak pakek bahasa resmi sesuai KBBI ceileh. Soalnya mimin terisirasi sama sesosok eh seseorang temen sekelas mimin Sang Empunya Tropus Project kalo bahasa cabe-cabean gaul bisa bikin pembacanya gak bosen dan terkesan gak kaku yah walaupun kata kata mimin masih garing kayak kripik goreng namanya juga masih belajar hehehe :D .

Kali ini mimin mau ngejelasin salah satu bagian project PUM Aplikasi Pemesanan Tiket Travel Online kelompok mimin yaitu tentang Fake Email. Oya terimakasih mimin ucapkan buat temen kelomok mimin, buat Ochi, Aziz, Selamat juga Mr. Anu yang berhasil kami kerjain mau repot-repot ngebantu bikin video simulasi project PUM kita juga buat Mr.Greget yang sudah bersedia jadi tumbal :v makasih udah dikasih kesematan buat coba aplikasi tanaman obatnya sayang buat penyakit jomblo borok belum ditemukan obatnya. Wah mimin udah ngelantur kemana mana ini udah kayak bikin sambutan.


Oke langsung aja, apa yang kalian bayangin kalo denger kata Fake Email ? Pasti sesuatu yang palsu ya kayak barang-barang KW gitu atau alamat palsunya Ayu Tong Tong hehehe :D . Yup, Fake Email itu kayak email palsu atau alamat email palsu yang dibuat sebagai sebuah spam yang tidak sesuai dengan nama domain web. Kebayang gak kalo dapet email spam yang beginian dari alamat palsu yang emailnya sebenernya tidak ditemukan eh yaiyalah, bakal penuh inbox message email barbie :D . 
Tapi berhubung nya berhubung ini masih tester pakek webserver lokal nyang belum dihosting maka fake email diperluin buat  ngirim respon permintaan pelanggan yang mau login tapi lupa password, atau admin yang mau login tapi lupa password. Kasian ya admin nya pelupa.:v.

1. Konfiguarsi Pengguna Baru Menggunakan Mercury

Oya langkah pertama buat fake email, kita harus pastiin Xampp Control Panel udah siap dan mulai Start Apache, MySQL, dan Mercury. Nah Mercury ini yang bakal berfungsi buat bikin fake emailnya. 



Klik tombol Admin di bagian Mercury untuk ngebuat akun email buat pelanggan atau akun email buat admin. Pilih menu Configuration terus klik Manage Local buat email lokalnya.
Klik tombol Add nya buat nambah email pengguna baru.

Isi Username buat nama penggunanya, Personal name diisi email pengguna, akun email dari mail server biasanya menggunbakan domain localhost penulisannya nama_email@localhost (contoh : dodi@localhost). Mail password diisi password sama APOP secret nya buat re-type password. Klik OK.


Kalau sudah klik tombol Close buat restart Mercury nya. Selanjutnya kita bisa konfigurasi emailnya pake aplikasi Thunderbird untuk pengolah emailnya yuk langsung next step.

2. Konfigurasi Akun Mail Local Server Menggunakan Thunderbird

Untuk pengolah email lokal server kita akan menggunakan Thunderbird, asing ya atau belum pernah denger? Buat pengguna Windows OS pasti tahu donk aplikasi sejenis Microsoft Office Outlook ? Nah aplikasi Thunderbird sama halnya dengan pengolah aplikasi pengolah email offline lokal seperti Microsoft Office Outlook. Sebenernya bebas mau pakek yang mana tapi mimin kali ini akan membuat tutorial mengenai aplikasi Thunderbird, karena menurut mimin aplikasi ini lebih mudah untuk dikonfigurasi. Oke langsung aja mimin jelasin ya. Langkah pertama download dan install dulu aplikasi Thundebirdnya. Link nya bisa dilihat di sini https://www.mozilla.org/id/thunderbird/  .Just info aplikasi ini masih produknya si Mozilla.
Cara nginstallnya di next next aja kayak biasanya mimin langsung ngejelasin bagian create new accountnya yak.Eit, sebelumnya jangan lupa aktifin Xampp untuk Apace, MySQL dan Maercurynya. Buka aplikasi Thunderbird dan klik new email di Folder Lokal.
Terus muncul form kayak di bawah ini nih, isi aja nama alamat email dan passwordnya sama kayak di akun Mercury server mail tadi. Di klik Lanjutkan.

Tunggu 3 menit, udah kayak nyeduh mie. Sebenernya gak selama itu sih. Tinggal klik Selesai kalo udah.
Muncul peringatan di ceklis aja trus klik Selesai.
Kalo sudah berhasil tampilannya bakal kayak gini. Buat akun yang lain juga untuk ngetes apakah emailnya bisa saling ngirim pesan. Kalo berhasil, selamat berarti konfigurasinya sukses.

Terus buat ngaplikasiin ke script PHP untuk bagian lupa pasword menggunakan fake email Thunderbird local server kayak mana min ? Oke lanjut next.
3. Konfigurasi Mail Server Lokal di Xampp dan penerapan Script PHP untuk Notifikasi Lupa Password
Di step yang ketiga kalian bisa mulai untuk mengedit php.ini bisa dicari di folder  di folder C:\xampp\php. File php.ini tuh berfungsi buat konfigurasi file php, jadi file ini nih yang ngatur pengeksekusian kode php. Di baris sendmail_path= tambahkan path dari sendmail di xampp yaitu sendmail_path = "\"C:\xampp\sendmail\sendmail.exe\" -t" dan hilangkan tanda semicolon ; di depan sendmail_path sehingga menjadi seperti ini  : sendmail_path = "\"C:\xampp\sendmail\sendmail.exe\" -t"

jika langkah tersebut sudah dilakukan save file php.ini dan restart apache nya. Bisa dilihat hasil setelah diedit seperti di bawah ini.
Buka lagi file sendmail.ini bisa dilihat di folder C:\xampp\sendmail. Di sini kita bisa atur akun yang bakal jadi pusat (admin) yang bakal ngirim notif ke akun-akun engguna lain kayak admin, operator atau usernya. Patikan konfigurasinya sama dengan di bawah ini ya.
Buat di scrit PHP nya seperti di bawah ini.
Kalo simpelnya untuk mengirim lewat script PHP seerti di bawah ini.  Cek email nya di Thunderbid kalo berhasil biasanya akan terkirim di kontak masuk.

Video demo aplikasi di implementasi PUM Aplikasi Pemesanan Tiket Travel Online bisa dilihat di link ini :

Nah itu tadi tutorial yang mimin kasih mengenai cara membuat fake email dan penerapannya. Next time, kalo mimin ada waktu mimin bakal share pengetahun tentang GitHub, cara membuat akun dan upload project ke GitHub. Baru sedikit pengetahuan mimin tentang GitHub ini, tapi sebisa mungkin mimin explore lagi dan share untuk kalian di blog ini. Oke see u next time.

Comments

Popular Posts